Pentingnya Sarapan Sebelum Bekerja / Beraktivitas

Tips Kerja - Terkadang kita tidak menyadari pentingnya sarapan sebelum beraktivitas termasuk bekerja, bisa jadi sobat adalah salah satunya. Tanpa kita sadari sarapan itu penting untuk menjaga tubuh kita agar tetap bugar sepanjang hari.

Banyak alasan orang tidak sarapan sebelum bekerja, sebagian orang beralasan tidak sempat karena takut terlambat sampai ke tempat kerja, ada juga yang takut gemuk karena sarapan (diet), beberapa orang juga menganggap sarapan tidak terlalu penting bahkan ada yang beranggapan kalau sarapan akan membuat kita mengantuk. Faktanya, semua alasan tersebut keliru karena berbagai penelitian menunjunkan jika sarapan adalah waktu makan terpenting.

Pentingnya Sarapan Sebelum Bekerja / Beraktivitas

Akan ada seribu satu alasan untuk tidak sarapan sebelum bekerja, namun sebenarnya hanya ada satu sarapan sebelum bekerja bermanfaat baik bagi tubuh.

Nah untuk lebih jelasnya kita jabarkan alasan yang bisa jadi akan merubah persepsi sobat untuk selalu sarapan sebelum bekerja sebagai berikut:

1. Sumber Energi

Sarapan memberikan asupan energi yang dibutuhkan tubuh untuk mejalani aktivitas dan kerja selama sehari penuh atau minimal sampai dengan makan siang. Mungkin diantara sobat ada yang berfikir setelah makan malam kan kita hanya tidur saja jadi kita tidak menghabiskan energi, maka persepsi ini adalah salah.

Seperti hal nya mobil yang membutuhkan bensi untuk berjalan, tubuh kita juga butuh bahan bakar (energi) untuk menjalankan fungsinya masing - masing demi mendukung aktivitas yang kita gunakan. Sumber energi tersebut adalah karbohidrat dan jug protein yang bisa kita dapatkan ketika kita sarapan.

Jadi simpel saja, ketika kita tidak sarapan maka bisa di bayangkan dong kondisi tubuh kita yang kekurangan bahan bakar tetapi di paksa untuk tetap bekerja optimal?. Manfaat sarapan di percaya dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar dan tidak mudah lelah yang goal nya adalah meningkatnya produktivitas kerja.

2. Mempertahankan Berat Badan

Di bahasan awal disebutkan jika sarapan dapat membuat kita gemuk atau kelebihan berat badan sehingga banyak orang melewatkan sarapan karena takut obesitas, namun nyatanya konsumsi sarapan secara teratur justru akan membuat berat tubuh kita tetap ideal.

Tidak sarapan di pagi hari sebelum bekerja akan membuat sobat menahan lapar selama seharian, hal ini akan berimbas pada porsi makan sobat di waktu makan lainnya yaitu makan siang dan atau makan malam. Tau dong akibatnya? sobat akan cenderung makan secara berlebih di waktu makan pada sisa hari tersebut, padahal seperti kita tahu aktivitas di sore dan malam hari cenderung lebih ringan dibanding dengan di pagi hingga siang hari hal ini lah yang sebenarnya akan lebih berpotensi membuat berat badan membengkatk.
Sarapan juga akan membuat metabolisme tubuh bekerja teratur, keteraturan ini lah menurut beberapa peneliti membantu sobat mempertahankan berat badan pada level ideal.

3. Menjaga Konsentrasi dan Mood

Sulit berkonsentrasi sering menerpa saat menjalani aktivitas maupun bekerja yang membuat kita tidak fokus dengan pekerjaan atau mendengarkan instruksi dari atasa. Jika itu terjadi pada sobat coba tanya pada diri sendiri sudahkah sobat sarapan?.

Berbagai penelitian terbaru ditemukan fakta bahwa ada hubungan yang erat antara sarapan dengan kurangnya fokus, konsentrasi, hingga ke memori daya ingat. Memang penelitian lebih banyak di lakukan pada anak - anak namun menurut para ilmuwan hal serupa juga dapat diaplikasikan pada usia dewasa.
Selain itu sarapan atau tidak nya sobat akan berpengaruh pada Mood atau suasana hati, karena dengan kita melewatkan sarapan maka akan menurunkan hormon serotonin dalam tubuh. Hormon serotonin memiliki sifat neurotransmitter atau pembawa rangsang saraf di otak dimana perannya adalah memberikan rasa senang dan nyaman pada mood sobat. Kekurangan hormon serotonin akan menyebabkan mood sobat menjadi kurang baik, hal ini jelas sangat mengganngu produktivitas kerja sob.

Sudah tahu kan mengapa penting sarapan sebelum bekerja / beraktivitas?. Jadi, masih mau melewatkan sarapan?

Comments