Alasan Kenapa Tempat Kerja Harus Aman dan Sehat

Lokerind.com - Mengapa tempat kerja yang aman dan sehat penting?. Jika tempat kerja aman dan sehat, maka setiap orang dapat melanjutkan tugas dan pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya secara efektif serta efisien. Sebaliknya, bila tempat kerja tidak terorganisir kemudian banyak terdapat bahaya, kerusakan dan pekerja yang ebsen sakit tak terhindarkan, akhirnya mengakibatkan hilangnya pendapatan bagi pekerja yang tentunya hal ini akan membuat produktivitas perusahaan berkurang.
Alasan Kenapa Tempat Kerja Harus Aman dan Sehat | Lokerind.com
Alasan Kenapa Tempat Kerja Harus Aman dan Sehat
Walaupun pada kenyataannya, para pengusaha di seluruh dunia sudah secara hati-hati merencanakan strategi bisnis mereka, namun banyak diantaranya yang masih mengabaikan masalah penting seperti keselamatan, kesehatan serta kondisi kerja. Alasannya biaya untuk manusia dan finansial dianggap besar bagi perusahaan.

Menurut data ILO, setiap tahun setidaknya ada lebih dari 250 juta kecelakaan yang terjadi di tempat kerja dan lebih dari 160 juta pekerja menjadi sakit diakibatkan oleh bahaya yang ada di tempat kerja. Ditambah lagi, ada 1,2 juta pekerja meninggal akibat dari kecelakaan dan sakit di tempat kerja. Angka menunjukkan, bahwa biaya manusia dan sosial dari produksi terlalu tinggi.

Dalam istilah ekonomi, diperkirakan kerugian tahunan yang diakibatkan oleh kecelakaan kerja dan penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan yang terjadi di beberapa negara dapat mencapai 4 persen dari biaya produk nasional bruto (PNB). Biaya langsung dan tidak langsung yang timbul sebagai dampak yang ditimbulkannya antara lainmeliputi:
Biaya medis;
Kehilangan hari kerja;
Mengurangi produksi;
Hilangnya kompensasi bagi pekerja;
Biaya waktu / uang dari pelatihan dan pelatihan ulang pekerja;
kerusakan dan perbaikan peralatan;
Rendahnya moral staf;
Publisitas buruk; dan
Kehilangan kontrak karena kelalaian.

Di masa lalu, kecelakaan kerja dan gangguan kesehatan di tempat kerja dipandang sebagai satu bagian yang tak terhindarkan dari sebuah proses produksi. Namun seiring berjalannya waktu, saat ini ada berbagai standar hukum nasional maupun internasional yang mengatur tentang keselamatan dan kesehatan kerja yang harus dipenuhi oleh perusahaan atau unit usaha di tempat kerja. Standar-standar itu mencerminkan kesepakatan yang luas antara pengusaha/pengurus, pekerja dan pemerintah bahwa biaya sosial dan ekonomi yang timbul dari kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja ini harus diturunkan.

Sekarang yang perlu dipahami bahwa semua biaya tersebut memperlambat daya saing bisnis dan mengurangi kesejahteraan ekonomi negara, namun hal ini dapat dihindari melalui tindakan di tempat kerja yang sederhana tetapi diterapkan secara konsisten.

Comments