Teknik Belajar SQ3R

Lokerind.com - Hallo sobat lowongan kerja indonesia atau Lokerind, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentanga "Teknik Belajar SQ3R". Apa yang dimaksuk teknik belajar SQ3R sih sebenarnya? Disini kita akan membahasnya.

Teknik belajar SQ3R atau dikenal juga dengan metode membaca SQ3R adalah suatu teknik belajar / membaca guna menemukan ide-ide pokok sekaligus pendukungnya serta untuk membantu dalam mengingat agar lebih tahan lama lewat 5 langkah kegiatan dalam metode SQ3R ini (Survey, Question, Read, Recite, dan Review).

Berikut ini adalah penjelasan 5 Teknik Belajar SQ3R tersebut:

(S) Survey atau Tinjau adalah metode belajar atau membaca tajuk besar, tajuk kecik serta rumusan bab dari suatu objek bacaan (buku, majalah, artikel, jurnal dsb). Melalui survey ini kita akan mendapatkan gambaran keseluruhan bab atau topik secara kasar.

(Q) Question atau Soal adalah buat pertanyaan - pertanyaan pada bacaan yang kalian baca. Kita harus memahami konteks dari sebuah soal terkait kata tanya apa yang di gunakan, mulai dari apa, bagaimana, mengapa, siapa, dimana, bila dan lain sebagainya. Setelah memahami soal barulah dijawab kemudian.

(R) Read atau Baca adalah pada metode belajar baca anda awali dengan membaca kemudian pahami artinya. Selanjutnya kumpulkan fakta-fakta serta selesaikan seluruh bahan bacaan, setelah selesai gunakan pokok - pokok penting pada bacaannya untuk menjawab pertanyaan - pertanyaan yang sudah kita buat.

(R) Recite atau mengutarakan kembali adalah setiap kali selesai membaca setiap bagian, berilah jeda sejenak kemudian buatlah catatan - catatan penting terkait bagian yang anda baca tersebut. Catatan ini dapat berupa sebuah simpulan, kutipan maupun komentar. Hal ini akan membantu anda guna mengingat apa yang sudah anda baca sehingga tidak terjadi selesai membaca selesai pula apa yang telah dibaca alias hilang tanpa bekas.

(R) Review atau Mangukang kembali adalah ketika selesai membaca buku secara keseluruhan lakukan peninjauan kembali terkait hal - hal penting yang sudah di baca dan temukan bagian - bagian penting yang perlu untuk anda ingat kembali. Pengulangan kembali akan meningkatkan daya ingat serta memperjelas pemahaman akan bacaan tersebut.

Dari penjelasan - penjelasan diatas kita dapat point bahwa teknik belajar SQ3R  atau membaca dengan metode SQ3R akan lebih efektif dan efisien serta memungkinkan memberikan hasil belajar yag maksimal

Comments