10 Strategi Lolos Tes CPNS

Lokerind.com - Info Lowongan Kerja Terbaru. Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) saat ini merupakan idaman bagi hampir kebanyakan orang. Hal itu dibuktikan dengan masih tingginya jumlah peserta tes CPNS setiap tahunnya. Orang - orang yang lolos Tes CPNS bukan untung-untungan semata, melainkan perlu dipersiapkan dengan baik.

Walaupun pada kenyataannya untuk lulus tes CPNS sangat sulit karena tingkat persaingan yang ketat karena banyaknya pendaftar, tetapi ada strategi khusus agar anda dapat lulus tes CPNS. Berikut merupakan strategi-strategi lulus tes CPNS yang kita rangkum dalam "10 Strategi Lolos Tes CPNS" berikut ini:

1. Ikutilah tes CPNS sebanyak mungkin.

Dengan mengikuti tes CPNS sebanyak mungkin akan meningkatkan angka probabilitas dan kemungkinan anda lolos tes CPNS. Sebab, dengan mengikuti lebih banyak tes seleksi CPNS secara tidak langsung juga akan membuat anda lebih terlatih untuk menghadapi tes CPNS berikutnya. Dengan begitu, peluang anda untuk lulus pun semakin besar.

2. Jangan mudah menyerah.

Diluaran sana ada yang mencoba tes CPNS hingga berkali - kali dan tetap mencobanya, untuk itulah anda jangan mudah menyerah hanya karena 1 atau 2 kegagalan. Sebab, kalau hanya satu kali mengikuti tes lalu gagal tentu kita tidak akan tahu kalau untuk tes berikutnya kita berhasil. Banyak loh yang lulus tes CPNS setelah mencoba beberapa kali tes masuk pegawa negeri sipil.

3. Utamakan tes CPNS yang memberikan peluang diterima (kuota) lebih besar.

Biasanya, seorang peserta tes CPNS untuk menjadi pegawai di Pemkab/Pemkot/Pemprov umumnya lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan peserta tes CPNS di instansi lain atau di bawah kementerian, lembaga atau badan. Jadi pintar - pintarlah memilih formasi CPNS terbaik yang menjanjikan peluang untuk anda.

4. Banyak berlatih soal-soal tes CPNS.

Dengan banyak berlatih soal - soal tes CPNS, anda akan terbiasa menghadapi soal-soal tes CPNS dan jangan belajar dengan SKS (sistem kebut semalam). Selain itu saya sarankan anda untuk mencoba try out dengan aplikasi CAT CPNS agar anda terbiasa dengan sistem tersebut sehingga memperlancar dalam mengerjakan soal - soal yang diberikan.

5. lengkapilah semua informasi tentang instansi pemerintahan yang Anda lamar.

Disini perlu ditekankan untuk mengikuti dan membaca dengan seksama pengumuman rekrutmen CPNS dari instansi yang anda lamar. Jangan sampai anda tidak lulus hanya karena terlambat mendaftar atau belum melengkapi persyaratan CPNS sebagaimana yang diminta.

6. lakukan survei lokasi sehari sebelum tes diadakan.

Hal ini agar anda tidak terlambat untuk sampai ke lokasi tes dan sebaiknya anda datang satu jam lebih awal dari jadwal tes yang sudah ditentukan.

7. Membawa semua perlengkapan tes

Saat akan mengikuti tes CPNS hendaknya melengkapi perlengkapan yang diperlukan untuk menjalani tes CPNS misalnya seperti pulpen, pensil, penghapus, dan lainnya yang mendukung anda untuk mengerjakan tes.

8. Persiapan fisik dan mental anda

Persiapan fisik dan mental yang bisa dilakukan antara lain istirahat yang cukup dan jangan lupa makan sebelum tes agar Anda fresh saat menjalani tes CPNS.

9. Perhatikan petunjuk soal

Dalam mengerjakan soal hendaknya membaca soal dengan seksama sehingga akan lebih mudaj untuk menemukan cara menjawab, waktu mengerjakan soal, dan lain-lain. Hal ini bertujuan agar anda dapat mengatur waktu dalam menjawab soal. Bahkan jika anda telah selesai tetapi waktu masih tersedia, periksa kembali jawaban anda.

10. Poin terakhir dan yang terpenting adalah doa.

Sebab, seberapa pun kuatnya anda berusaha tetapi apabila tanpa doa, maka sulit sekali anda untuk mengeksekusi keinginan anda menjadi PNS terkabul. Jadi, berdoalah dengan sungguh-sungguh agar Anda bisa diterima menjadi PNS. Amin.

Comments